Cita-Cita Luhur

“Apakah cita-cita luhur Anda?

Jika ada yang bertanya seperti itu kepada diri saya, mungkin saya akan berpikir sejenak untuk menjawabnya. Sedikit flashback ke belakang, saat saya masih berumur sekitar 6 atau 7 tahun, saya ingat bahwa cita-cita saya adalah menjadi seorang polisa, kemudian berganti menjadi pemain sepak bola, dan seterusnya sampai saya lupa berapa kali saya mengganti “cita-cita” saya itu-selayaknya anak kecil yang selalu berganti cita-citanya.

Setelah beranjak remaja, sekitar seumur siswa SMP saya merasa  ingin menjadi pemain bulutangkis.saya sangat berambisi untuk menggapai cita-cita tersebut.Ketika saya duduk di bangku SMK/SMA entah mengapa saya tidak memiliki cita-cita dan ambisi.

Entah saya akan menjadi apa nantinya, biarlah yang terpenting saya sekolah dulu dengan sebaik-baiknya.

Ya, begitulah yang saya pikirkan. Tidak tahu apa itu pikiran yang baik atau tidak. Membiarkan diri saya berdiri tanpa cita-cita dan ambisi dalam hidup.

Tapi saat akan lulus SMK/SMA  saya mulai berpikir, apa keinginan saya? Apa cita-cita saya? Apa yang akan saya lakukan saat sudah dewasa nanti? Mungkin dari sini saya mulai berpikir ke depan.

Cita-cita saya : saya ingin kuliah di jurusan yang berhubungan dengan listrik!! Apa iya bisa dikatakan seperti itu? Sepertinya itu tidak bisa dikatakan sebagai cita-cita. Mungkin itu adalah salah satu jalan menuju cita-cita saya. Lalu apa cita-cita saya?

Menjadi orang yang ahli dibidang yang berhubungan dengan listrik kah? Mungkin iya. Karena saya sudah mulai masuk ke “dunia”yang berhubungan dengan listik yaitu Elektro , ya walaupun saya masih pemula. Yang ada dalam pikiran saya adalah nantinya setelah lulus menjadi sarjana saya akan bekerja di kantor, bekerja di depan komputer, dan menjadi bawahan seorang bos. Entahlah, mungkin saya adalah satu-satunya orang yang paling tidak memiliki ambisi di dunia ini, hahaha.

Tapi dibalik itu semua, saya mempunyai satu tujuan di hidup saya. Yang mendorong saya untuk sekolah dengan benar, berusaha meraih hasil terbaik di akademik dan non-akademik, dan juga membuat saya semangat untuk melakukannya. Satu tujuan itu adalah :

Membuat Orang Tua Saya Bangga

Satu kalimat itu jelas dan sangat bermakna bagi saya. Orang tua sayalah yang membuat saya ingin selalu meraih yang terbaik di segala bidang. Mereka juga yang menyemangati saya. Saya ingin sekali membahagiakan mereka, membuat mereka bangga dengan apa yang saya miliki. Karena saya tidak memiliki apa-apa untuk saya berikan sekarang ini, maka hanya prestasi yang bisa saya berikan untuk mereka. Disamping itu juga tetap patuh dan mengikuti apa yang mereka bicarakan.

Saya ingin sekali membahagiakan mereka. Dengan sekolah yang benar mungkin bisa menjadi salah satu pintu untuk membahagiakan mereka di masa depannya. Apabila saya sekolah dengan benar, mudah-mudahan saya bisa menjadi orang yang sukses. Apabila saya menjadi orang yang sukses, maka orang tua saya akan bangga.

Saya tidak tahu apakah ini bisa dikatakan sebagai Cita-Cita Luhur, dan saya juga tidak tahu apakah ini pikiran yang bodoh, karena saya tahu kesuksesan tidak hanya dari prestasi yang baik saat seseorang menuntut ilmu-semua tahu bahwa masih banyak sarjana dengan nilai yang baik tetap menganggur. Tapi yang pasti ini adalah keinginan saya. Saya ingin menjadi orang yang sukses walaupun itu tidak mudah. Dengan usaha, kerja keras, dan berdoa saya yakin saya bisa. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika Tuhan menghendaki.

Sekarang, esok, dan seterusnya, inilah yang ingin saya raih, semua demi orang tua yang sangat saya sayangi.


Leave a Reply

