Perangkat Media

1.Perangkat keras
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori , slot vga, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
RAM – tempat penyimpanan data sementara / jangka pendek,sehingga perangkat lunak yang kita jalankan akan tersimpan sementara, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
Buses:

  • Bus PCI
  • Bus ISA
  • USB
  • AGP

ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
Power supply – sebuah kotak yang menyalurkan daya ke papan induk transformer, kontrol voltase dan kipas
Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau SATA atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM, DVD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
Beberapa jenis penyimpanan komputer:

  • CD – tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
  • CD-ROM
  • CD-RW
  • CD-R
  • DVD
  • DVD-ROM
  • DVD-RW
  • DVD-R
  • Floppy disk

Penyimpanan dalam – menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
Hard disk – untuk penyimpanan data jangka panjang
Disk array controller
Kartu suara – menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
Jaringan komputer – untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
Modem – media penyambung ke koneksi internet.
Kartu network – untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
Alat lainnya.
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras

2.Video board
Video Graphics Array (VGA) ini biasa dinamakan juga dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Istilah VGA sendiri juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

Fungsi VGA Card, yang sering disebut Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card, adalah berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.
sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Video_card

3.Sound card
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire

Sound Blaster Live !
Salah satu contoh sound card yang terbilang sangat sukses di pasaran indonesia adalah Sound Blaster, dari Creative Labs.
Untuk memainkan musik MIDI, pada awalnya menggunakan teknologi FM Synthesis, namun sekarang sudah menggunakan Wavetable Synthesis Sedangkan untuk urusan digital audio, yang dulunya hanyalah 2 kanal (stereo), sekarang sudah menggunakan 4 atau lebih kanal suara (Surround). Kualitas nya pun sudah meningkat dari 8 bit, 16 bit, 24 bit, 32 bit, bahkan sampai sekarang sudah 64 bit.
sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Sound_card

4.Cdrom driver
CD-ROM (dieja /?si??di?’r?m/, merupakan akronim dari compact disc read-only memory, bahasa Indonesia: CD Memori Baca-Saja) adalah sebuah cakram padat dari jenis cakram optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bit.
CD-ROM bersifat “baca-saja” (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah kandar CD. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re-Write/RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/CD-ROM#CD-ROM_drives

5.Scanner
Scanner , meskipun istilah ini ambigu dari konteks ( barcode scanner , CAT scanner , dll ) adalah perangkat yang mengambil gambar,teks,tulisan tangan , atau obyek , dan mengkonversi ke gambar digital . Umumnya digunakan di kantor adalah variasi dari pemindai flatbed desktop yang dimana dokumen ditempatkan pada jendela kaca untuk pemindaian . Scanner genggam , di mana perangkat tersebut akan dipindahkan dengan tangan , telah berevolusi dari pemindaian teks untuk scanner 3D digunakan untuk desain industri , reverse engineering , pengujian dan pengukuran , orthotics , game dan aplikasi lainnya . Mekanis scanner yang memindahkan dokumen biasanya digunakan untuk dokumen format besar , di mana desain flatbed akan tidak praktis .
Scanner modern biasanya menggunakan charge-coupled device ( CCD ) atau Sensor Contact Image ( CIS ) sebagai sensor gambar , sedangkan Drum scanner , dikembangkan sebelumnya dan masih digunakan untuk kualitas gambar tertinggi , menggunakan tabung photomultiplier sebagai sensor gambar . Sebuah scanner rotary , digunakan untuk dokumen kecepatan tinggi pemindaian , adalah jenis drum scanner yang menggunakan CCD bukan sebuah photomultiplier . Non-kontak scanner planet dasarnya memotret buku dan dokumen halus . Semua scanner menghasilkan gambar dua dimensi dari mata pelajaran yang biasanya datar , tapi kadang-kadang padat , scanner 3D menghasilkan informasi tentang struktur tiga dimensi benda padat .
Kamera digital dapat digunakan untuk tujuan yang sama seperti scanner berdedikasi . Bila dibandingkan dengan scanner yang benar , gambar kamera dikenakan tingkat distorsi , refleksi , bayangan , kontras rendah , dan blur karena kamera goyang ( berkurang pada kamera dengan stabilisasi gambar ) . Resolusi adalah cukup untuk aplikasi kurang menuntut . Kamera digital menawarkan keuntungan dari kecepatan, portabilitas dan non -kontak digitalisasi dokumen tebal tanpa merusak tulang belakang buku . Pada 2010 teknologi scanning yang menggabungkan scanner 3D dengan kamera digital untuk membuat penuh warna , model 3D foto-realistis obyek.
sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Image_scanner


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: